Perancangan Sistem Informasi Pemasukan dan Pengeluaran Barang di Koperasi Mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya (E8)

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1.            Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi yang sangat terasa dalam kehidupan sangat bermanfaat membantu permasalahan dalam proses suatu kegiatan. Kegiatan yang umumnya menggunakan peranan teknologi informasi yaitu sistem informasi adalah pengolahan data keuangan, pengolahan data jual beli, pengolahan data kepegawaian, pengolahan data persediaan barang dan lain-lain.

I-1

Khususnya dalam pengolahan data persediaan barang sistem informasi sangatlah bermanfaat dalam hal ketepatan dan kecepatan prosesnya. Di sebuah koperasi mahasiswa di Universitas Siliwangi Tasikmalaya proses pengolahan data persediaan barang tersebut masih menggunakan proses manual yaitu tanpa terkomputerisasi sehingga menimbulkan beberapa masalah, diantaranya  ketidak tepatan pemeriksaan barang yang masih tersedia, sering terjadinya persediaan barang yang tidak terkontrol, pencarian  data barang yang masih menggunakan proses manual, pembuatan laporan masih relatif lama karena masih menggunakan proses manual yaitu dengan tulis tangan. Melihat permasalahan tersebut, maka sangatlah tertarik untuk membahas mengenai Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pemasukan dan Pengeluaran Barang di Koperasi Mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya yang dapat membantu menyelesaikan masalah yang sedang terjadi.

1.2.            Materi Kerja Praktek

Mengingat permasalahan yang ada yaitu menimbulkan ketidak tepatan dalam pengontrolan barang maka perlu untuk melakukan perancangan sistem informasi yang bisa mengatasi permasalahan yang sedang terjadi. Hal ini diharapkan agar pengolahan data pemasukan dan pengeluaran barang bisa berjalan dengan baik. Perancangan sistem informasi tersebut dirancang dengan batasan-batasan :

  1. Pengolahan data pemasukan barang yaitu transaksi pembelian dari Supplier.
  2. Pengolahan data pengeluaran barang  yaitu transaksi penjualan tetapi tidak di bahas secara terperinci.
  3. Data barang yang diolah hanya barang yang bersifat tahan lama.
  4. Pembuatan laporan pemasukan rutin perhari, perminggu dan perbulan.
  5. Pembuatan laporan pengeluaran rutin perhari, perminggu dan perbulan.
  6. Pembuatan laporan persediaan rutin perhari, perminggu dan perbulan.

1.3.            Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pelaksanaan Kerja Praktek yang berjudul Perancangan Sistem Informasi Pemasukan dan Pengeluaran Barang di Koperasi Mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya adalah :

  1. Untuk analisis kinerja persediaan barang yang ada.
  2. Analisis masalah-masalah serta kekurangan-kekurangan yang timbul dari proses pemasukan dan pengeluaran barang yang ada.
  3. Analisis titik keputusan yang diambil untuk menangani kekurangan-kekurangan atau masalah-masalah yang timbul.

1.4.            Sistematika Pembahasan

Judul dari Laporan Kerja Praktek ini adalah “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pemasukan dan Pengeluaran Barang di Koperasi Mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya”. Sistematika laporan kerja praktek yang disusun terdiri dari lima bab, yaitu :

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini dijelaskan mengenai latar belakang, materi kerja praktek, tujuan pembahasan, sistematika pembahasan.

BAB II TINJAUAN UMUM KOPERASI MAHASISWA UNSIL

Dalam bab ini membahas mengenai sejarah singkat, posisi dan peran Koperasi Mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Struktur Kepengurusan Koperasi Mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Deskripsi Kerja Koperasi Mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya dan Lokasi Koperasi Mahasiswa Universitas Siliwangi  Tasikmalaya.

BAB III  METODE DAN LANDASAN TEORI

Dalam bab ini berisi tentang metode dan uraian landasan teori sebagai dasar untuk menganalisis pokok permasalahan dengan menjelaskan teori-teori yang berasal dari studi pustaka yang berkaitan dengan laporan yang di bahas.

 

BAB IV  HASIL DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini berisi tentang hasil dan pembahasan masalah yang meliputi analisis sistem yang ada dengan alat bantu flowchart sistem dan pemodelan sistem usulan dengan alat bantu data flow diagram (DFD), ERD, dialog layar, perancangan input-output sistem dan perancangan kebutuhan teknologi.

BAB V   KESIMPULAN DAN SARAN

Merupakan bab terakhir dari laporan yang disusun dengan isi tentang kesimpulan dan saran-saran dalam penggunaan sistem yang baru.

KLIK INI UNTUK BACA SELENGKAPNYA

Posted on May 6, 2012, in EKONOMI and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: