PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN IPV6 DI ITS-NET DENGAN SISTEM OPERASI LINUX (INF-00)

 PENDAHULUAN

 

1.1.              Latar Belakang

Perkembangan teknologi jaringan komputer dewasa ini semakin pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan layanan yang memanfaatkan jaringan komputer. Pada sistem jaringan komputer, protokol merupakan suatu bagian yang paling penting. Protokol jaringan yang umum digunakan adalah IPv4 (Internet Protocol vesion 4.0), dimana masih terdapat beberapa kekurangan dalam menangani penambahan jumlah komputer dalam suatu jaringan yang semakin kompleks.

Telah dikembangkan protokol jaringan baru, yaitu IPv6 (Internet Protocol version 6.0) yang merupakan solusi dari masalah diatas. Protokol baru ini belum banyak diimplementasikan pada jaringan-jaringan komputer terbesar di dunia.

1.2.              Tujuan

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengimplementasikan protokol ipv6 tersebut pada jaringan ITS-NET dimana pada jaringan tersebut terdapat aplikasi-aplikasi server-client.

1.3.              Permasalahan

Dalam penyelesain tugas akhir ini dirumuskan beberapa permasalahan yang dihadapi, yaitu :

  1. Bagaimana merancang sebuah jaringan dengan  menggunakan protokol IPv6 dengan menggunakan sumber daya dan jaringan yang sudah ada di ITS-NET.
  2. Bagaimana mengimplementasikan protokol IPv6 ini dengan menggunakan Linux PC router dan protokol router seperti RIPng, OSPFv3.
  3. Bagaimana mengimplementasikan aplikasi server Linux yang sudah ada di ITS-NET supaya dapat berjalan dengan menggunakan protokol IPv6.

1.4.              Batasan Masalah

Batasan masalah dari tugas akhir ini adalah perancangan dan implementasi jaringan dengan protokol IPv6 menggunkan system operasi Linux, berikut langkah-langkah yang dilakukan:

  1. Perancangan model jaringan dan migrasi ke IPv6 dengan memperhatikan model jaringan yang sudah ada.
  2. Instalasi system operasi Linux.
  3. Kompilasi kernel Linux supaya dapat menggunakan protokol IPv6.
  4. PC Linux dan software “Zebra” sebagai router dan koneksi IPv6 ke internet.
  5. PC Linux dengan aplikasi server antara lain : web server, DNS server, Mail server dan Proxy server.

1.5.              Metodologi

Untuk mencapai tujuan diatas, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pengumpulan bahan-bahan referensi, yang meliputi referensi protokol IPv6, membuat koneksi dengan pihak luar seperti ITB (Institut Teknologi Bandung), Freenet6 supaya mendapatkan koneksi IPv6 ke internet, referensi Linux Networking beserta aplikasi yang bersangkutan, mengikuti miling list yang bersangkutan dengan IPv6 dan Linux, serta referensi lainnya yang menunjang pencapaian tujuan tersebut.
  2. Perancangan dan implementasi jaringan IPv6 di network ITS-Net, mengaktifkan koneksi IPv6 ke internet dan membuat service yang ada di ITS-Net mampu menggunakan protokol IPv6.
  3. Penulisan laporan tugas akhir.

1.6.              Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan tugas akhir  ini dibagi dalam enam bab, masing-masing bab dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. BAB I merupakan pendahuluan yang berisi latar belakang, tujuan permasalahan, batasan masalah, metodologi dan sistematika penulisan.
  2. BAB II membahas tentang dasar-dasar dan teori IPv6 serta membahas protokol-protokol penting yang digunakan pada IPv6.
  3. BAB III memuat tutorial bagaimana mengimplementasikan IPv6 pada system operasi Linux.
  4. BAB IV berisi tentang implementasi IPv6 di jaringan ITS-Net dengan menggunakan IPv6-in-IPv4. Implementasi Router IPv6 dengan menggunakan RadvD dan Zebra. Implementasi DNS, Web, Mail, Proxy, FTP, SSH, IPsec dan Firewall pada protokol IPv6.
  5. BAB V membahas tentang ujicoba dari jaringan IPv6 ITS-Net
  6. BAB VI merupakan penutup yang berisi kesimpulan dan saran.

Mohon Maaf, anda tidak dapat melanjutkan membaca skripsi ini. File skripsi ini selengkapnya akan Anda dapatkan melalui e-mail setelah anda melakukan Transfer Rp.15.000  (uang atau juga bisa pulsa).

Posted on May 3, 2012, in INFORMATIKA and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: